Jumat, 13 September 2019

Lagu Hits Elvis Presley

10. Suspicious Minds (1969)10. Suspicious Minds (1969)
Dari seluruh lagu-lagu yang dirilis menjelang akhir karirnya, bisa dikatakan lagu inilah yang paling melekat bahkan bagi mereka yang tidak terlalu fans dengan vokalis bersuara berat ini.
Padahal “Suspicious Minds” sendiri faktanya bukanlah lagu milik Elvis. Lagu ini merupakan daur ulang (cover). Yap kami tidak menyalahkan kalian apabila tiba-tiba langsung membelalakkan mata tidak percaya.
Lagu ini aslinya dinyanyikan oleh Mark James satu tahun sebelumnya. Dan versi orisinilnya ini memiliki sound yang terdengar jauh lebih country. Dan ketika Elvis men-cover nya, ia merubah tatanan / komposisi melodinya sehingga dapat terdengar jauh lebih megah dan dinamis.
9. That’s Alright, Mama (1954)
Sama hal-nya dengan “Suspicious Minds” dan beberapa lagu hit Elvis lainnya, “That’s Alright Mama” jugalah merupakan lagu cover. Lagu ini pertama kali dipopulerkan oleh penyanyi blues kulit hitam Arthur Crudup di pertengahan 40an.
Dan kalau kalian dengar dan bandingkan veris asli dan versi Elvis ini, bisa dikatakan keduanya memiliki perbandingan yang cukup signifikan. Dan yap Kawan. Elvis sukses merombak habis lagunya dengan sangat keren yang alhasil, hingga kini dijadikan patokan oleh musisi lain apabila ingin men-cover lagunya juga.
8. It’s Now Or Never (1960)
Selain handal dalam menampilkan cover yang terdengar berbeda dari versi aslinya, kelebihan lain yang dimiliki oleh Elvis adalah ia juga bisa memodifikasi musik tradisional suatu daerah / negara, menjadi lagu hit nya.
Dan lagu ini adalah salah satu contohnya. “It’s Now or Never” pada dasarnya merupakan modifikasi lagu tradisional Italia yang berjudul “O Sole Mio” yang musiknya digubah oleh Eduardo di Capua dan Alfredo Mazzuchi serta liriknya, ditulis oleh Giovanni Capurro.
Setelah Elvis resmi selesai dengan tugas kemiliterannya ia berinisiatif untuk merekam ulang lagu ini namun, dengan lirik yang berbeda. Alhasil ia bersama duo penulis musik legendaris: Aaron Schroeder dan Wally Gold pun merombak habis liriknya dan jadilah lagu ini berjudul “It’s Now or Never”.
Dan kerennya, perombakan nekad ini berhadiah manis bagi Elvis. Pasalnya “It’s Now or Never” ketika dirilis di bulan April 1960, langsung menjadi lagu dengan penjualan terlaris di sepanjang karir Elvis. Spesifiknya, hingga kini, lagu ini sukses terjual hingga 20 juta kopi.
7. Blue Suede Shoes (1956)
Lagu cover milik Carl Perkins ini dibawakan oleh Elvis dengan sangat keren yang alhasil, membuat lagu ini adalah lagu miliknya.
Irama Rockabilly nya yang benar-benar enerjik dan gaya Elvis yang sangat dahsyat ketika menyanyikan lagunya, sukses membuat sosoknya semakin disegani di industri musik kala itu dan tentunya menjadi pijakan awal baginya untuk meraih gelarnya sebagai raja Rock N’ Roll.
6. (Can’t Help) Falling in Love (1961)
Nah setelah dari tadi kiat membicarakan lagu-lagu Elvis yang merupakan hasil cover, kini giliran kebalikannya. (Can’t Help) Falling in Love, faktanya memanglah lagu orisinil milik Elvis.
Lagu ini kala itu merupakan soundtrack dari film komedi romantis yang juga dibintangi oleh Elvis, Blue Hawaii (1961). Filmnya memang mendapatkan resepsi kurang bagus. Tapi lagu-lagunya terutama lagu ini, justru mendapatkan respesi yang sangat oke.
Dan seperti yang dikatakan di paragraf awal, lagu ini sudah dinyanyikan balik oleh banyak orang yang termasuk di dalamnya adalah boyband Korea 2000’an, F4 dan bahkan aktor sekaligus penyanyi Patrick Wilson yang menyanyikan lagunya di The Conjuring 2 (2016).
5. Don’t Be Cruel (1956)
Kental dengan irama R & B, lagu yang ditulis oleh Otis Blackwell ini, sukses menjadi hit besar Elvis ketika dirilis. Saking suksesnya, lagu ini di tahun 2002, sukses dimasukkan ke dalam deretan lagu di Grammy Hall of Fame. Keren!
4. Hound Dog (1956)
Tak dipungkiri bahwa sangat sulit untuk menyanyikan lagu yang aslinya dinyanyikan oleh penyanyi wanita kulit hitam di era 30-50an. Karena jangkauan suara mereka sangatlah dahsyat!
Dan pernyataan tersebut juga berlaku bagi pelantun orisinil lagu ini Big Mama Thornton. Kalau tidak percaya, silahkan kalian dengarkan sendiri. Walau demikian, kerennya Elvis sukses melewati rintangan tersebut.
3. Heartbreak Hotel (1956)
Serahkan ke sang raja untuk merubah lagu yang berlirik super kelam dan depresif ini, menjadi lagu Rock N’ Roll yang sangat menggoyang badan. Padahal lirik lagu ini mengisahkan seorang pria yang tewas bunuh diri dengan melompat dari jendela kamar hotelnya!
WOW bisa dirubah jadi riang begitu lagunya? Keren banget! Berkat kejeniusannnya ini, tak mengherankan apabila “Heartbreak Hotel” ketika dirilis, sukses menempati tangga puncak berbagai genre kala itu termasuk, Country.
2. Love Me Tender (1956)
Sama hal-nya seperti poin di lagu “(Can’t Help) Falling in Love)”“Love Me Tender” jugalah sebuah soundtrack film yang dibintangi oleh Elvis. Dan filmnya pun juga berjudul sama dengan lagunya.
Dan tak heran apabila lagu ini yang paling hit diantara lagu-lagu soundtrack lainnya. Pasalnya memang lagu ini memiliki alunan musik dan lirik yang mampu membuat seluruh wanita langsung jatuh hati kepada siapapun yang mendendangkan lagunya ini.
1. Jailhouse Rock (1957)
Yap. Lagu mana lagi yang pas untuk mendefinisikan seorang Elvis Presley kalau bukan lagu yang juga soundtrack dari film yang berjudul sama ini?
“Jailhouse Rock” memiliki segalanya. Intro yang memiliki build-up tempo yang keren, lirik lagu yang unik, dan tentunya cara menyanyikan Elvis yang sangat keren dan super provokatif di zamannya.
Pokoknya kalau kita mendengar nama Elvis, dijamin lagu inilah yang langsung teringat di benak.
Dari 10 lagu ini yang manakah yang merupakan lagu Elvis favorit kalian?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

lagu Yang Sering Jadi Ost Ftv

Namanya FTV munculnya sudah seperti frekuensi makan aja deh. Pagi, siang, malem ada semua, bener gak? Tapi tetap saja kita tonton kalau lagi...