Selasa, 03 September 2019

Best Music School In The World

Sekolah Musik Paling Terkenal di Dunia yang Lahirkan Musisi Kondang

Musik tak bisa lepas dari kegiatan Sekolah Musik sehari-hari manusia. Mulai dari bangun tidur, berangkat ke kantor, di dalam mobil, saat istirahat, olahraga, bahkan sebelum tidur lagi juga seringkali orang akan mendengarkan musik. Bagitu pentingnya hal tersebut bahkan sampai memengaruhi kehidupan seseorang. Misalnya saja ketika Anda sedang bersedih kemudian frustasi maka lebih senang mendengarkan jenis irama serta lagu-lagu melow yang mendukung suasana hati. Atau malah sebaliknya mencari jenis musik keras dengan alunan nada cepat agar lebih semangat dan punya gairah kembali.
Pada dasarnya tiap orang mempunyai genre musik sendiri, entah itu pop, rock, metal, klasik, melow, beat, hip hop dan lain sebagainya. Saking tergila-gilanya, sebagian besar orang ingin sekali masuk sekolah musik untuk mengasah bakat mereka supaya maksimal. Selain itu juga mewujudkan cita-cita sebagai salah seorang musisi paling terkenal di dunia ataupun negaranya sendiri. Sementara itu masyarakat kita juga ada yang lulusan sebuah sekolah musik, contohnya seperti penyanyi muda Isyana Saraswati. Ia bahkan rela menuntut ilmu tentang musik di negeri asing serta lulus dengan predikat membanggakan. Kalau Anda ataupun anak-anak punya bakat di bidang tersebut maka jangan dihentikan melainkan beri dukungan penuh. Salah satunya dengan memasukkan mereka ke sekolah musik.

Anggapan Masyarakat Awam Mengenai Sekolah Musik

Sebenarnya Indonesia sudah banyak tempat kursus musik seperti les piano, gitar, vokal atau semacamnya. Bahkan ada pula beberapa sekolah atau kampus menawarkan jurusan seni musik murni atau aliran tertentu dan menjanjikan sebuah gelar serta pengakuan. Akan tetapi nampaknya pemerintah kita kurang memberikan dukungan karena anak didik sekolah musik masih dipandang sebelah mata. Banyak orang beranggapan kalau menyekolahkan anak kesana tidaklah penting karena kemampuan bermusik dapat dilatih dengan sendirinya tanpa harus dimasukkan ke sekolah atau universitas khusus. Mau jadi apa besok kalau sudah besar terutama ketika mencari pekerjaan? Setidaknya itulah kalimat yang bakal sering keluar dari mereka.
Memang suatu bakal muncul dari dalam diri bahkan sejak kita masih sangat kecil, mulai dari kegemaran mendengarkan lagu, menyanyi, bermain QQ Online atau bereksperimen dengan alat musik tertentu. Akan tetapi banyak dari anak dengan kemampuan tersebut yang harus terhenti karena tidak adanya dukungan dari keluarga bahkan sampai dilarang melakukan kegiatan tersebut. Coba Anda bandingkan dengan anak para artis yang ayah dan ibunya merupakan seorang musisi atau pemusik maka sudah pasti mendukung apa yang jadi pilihan anak-anak mereka.
Berbagai cara akan dilakukan meskipun tak terlalu fokus pada pendidikan dasar seperti belajar Matematika, Biologi, Fisika, atau sebagainya. Beberapa usaha tersebut seperti mengundang guru musik, mengajarkan tentang main instrumen tertentu, sampai menyekolahkan mereka ke sekolah musik terbaik ketika sudah remaja atau beranjak dewasa. Pada kenyataannya lulusan sekolah tersebut punya masa depan lebih terarah, misalnya menjadi seorang penyanyi jazz, membuat band, bergabung dalam girlband, komposer terkenal, pemain biola profesional, bahkan sampai melenggang ke kancah internasional.

Sekolah Musik Paling Terkenal di Dunia

Sekolah musik membantu seseorang mempersiapkan diri menjadi musisi sesuai keinginan dan passion mereka. Ada tenaga ahli yang bakal menuntun, memberikan ilmu serta mengarahkan muridnya tanpa mengubah selera mereka. Adapun beberapa contoh sekolah musik paling populer dan terkenal dunia yang berhasil mencetak musisi kondang yaitu:

The Julliard School
Hasil gambar untuk Julliard
Kalau Anda pernah menonton filem Hollywood berjudul August Rush, Save the Last Dance atau Dream High pasti tau kalau settingnya menggunakan sekolah ini. Lokasinya ada di Lincoln Center di Kota New York, didirikan pada tahun 1905 dan mulanya bernama Institute of Musical Arts. Setiap tahun mampu menampung siswa sebanyak 800 lebih dengan seleksi teramat ketat. Untuk biaya pendidikan tiap tahunnya kurang lebih $33,630 untuk program S1 dengan periode waktu 4 tahun.

Berklee College of Music
Hasil gambar untuk Berklee College of Music
Universitas ini adalah sekolah musik swasta, khusus bagi para murid yang ingin berkarir sebagai musisi. Usianya jauh lebih muda daripada The Juilliard School karena didirikan tahun 1945. Disini menawarkan program pendidikan S1 selama 4 tahun dengan berbagai macam jurusan musik yang menari, diantaranya musik Jazz, musik latar perfileman, produksi musik, Alat Musik Tradisional, terapi musik, pertunjukan atau teater, dan lain sebagainya. Selain program S1, ditawarkan pula jenjang Diploma serta S2.

The Royal Academy of Music
Hasil gambar untuk The Royal Academy of Music
Sekolah ini sudah berdiri sejak tahun 2010, tergolong baru bila dibandingkan dengan lainnya. Akan tetapi The Royal Academy of Music menawarkan fasilitas pendidikan lengkap serta karier bermusik menjanjikan. Statusnya tergolong tinggi dan dianggap masyarakat sebagai sekolah seni paling populer dan bergengsi di dunia. Hal ini dikarenakan bentuk gabungan dari Royal Academy of Music di Aarhus dengan The Academy of Music, Aalborg. Banyak jurusan serta kursus yang dapat dipilih sendiri oleh para murid, misalnya menjadi penyanyi atau pemain solo ataupun kelompok. Tenaga pendidik juga merupakan para pemusik profesional dimana telah lama malang melintang dalam bidang tersebut. Sehingga mempunyai sertifikat sebagai musisi profesional.
Sekolah musik diatas merupakan yang terbaik di dunia. Jika berminat mendaftar tapi terkendala masalah biaya besar maka bergabung saja dengan salah satu sekolah dalam negeri. Akan tetapi pastikan lebih dahulu mengenai latar belakang, jenjang pendidikan, kualitas pengajar, serta peluang karier di masa depannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

lagu Yang Sering Jadi Ost Ftv

Namanya FTV munculnya sudah seperti frekuensi makan aja deh. Pagi, siang, malem ada semua, bener gak? Tapi tetap saja kita tonton kalau lagi...