Selasa, 27 Agustus 2019

DJ Bertopeng

Dunia musik Electronic Dance Music (EDM) sedang mendominasi pasar musik saat ini. Banyak DJyang dikenal dari genre musik ini seperti Calvin Harris, Skrillex, hingga The Chainsmokers. Tetapi ada satu hal yang menarik di dunia musik elektronik. Tidak jarang kita bisa melihat Dj dunia yang tampil dengan menyembunyikan identitasnya dengan menggunakan topeng atau sebuah helm.
Kebanyakan DJ dunia yang mengenakan topeng atau helm ini memiliki tujuan sebagai ciri khas, kebutuhan marketing, atau pun yang benar-benar menyembunyikan identitasnya dari mana pun. Berikut daftar 5 Dj yang mengenakan topeng atau helm sebagai identitasnya.
1. Deadmau5
Hasil gambar untuk deadmau5
Dj asal Kanada ini memiliki nama asli Joel Thomas Zimmerman. Joel mengambil nama Deadmau5 sebagai nama panggungnya karena ia mengaku pernah menemukan seekor tikus mati pada saat membongkar perangkat komputernya. Dari kejadian itu ia mengambil kata "dead mouse" yang ia singkat menjadi Deadmau5. Penampilan Deadmau5 identik dengan helm berbentuk tikus yang selalu ia kenakan saat tampil di atas panggung.
2. 2 Faced Funks
Hasil gambar untuk 2 Faced Funks
Duo Dj ini dikenal dengan topeng berbentuk wajah berwarna pink yang selalu mereka kenakan dalam penampilannya. Melalui akun Facebooknya, mereka mengaku mendapatkan ide untuk mengenakan topeng seperti ini dari sekedar joke iseng. Pada sebuah acara ulang tahun, mereka membeli topeng berwarna pink murahan yang ia temukan di sebuah toko. Pada penampilannya saat itu, penonton menyukai topeng yang mereka kenakan, hal inilah yang membuat mereka serius meneruskan konsep dari 2 Faced Funks. Mereka lalu meminta bantuan kenalannya untuk membuatkan topeng yang lebih terkonsep. Hingga saat ini masih belum diketahui identitas sebenarnya dari duo Dj 2 Faced Funks.
3. Cazzette
Hasil gambar untuk Cazzette
Alexander Björklund dan Sebastian Furrer membentuk duo Dj Cazzette pada tahun 2011. Dua musisi asal Swedia ini menggabungkan genre musik favorit mereka masing-masing yaitu dubstep dan house music menjadi genre baru yang mereka sebut sebagai "dubhouse". Cazzette memiliki ciri khas dengan topeng berbentuk sebuah kaset pada setiap penampilannya. Konsep topeng ini terinspirasi dari Daft Punk, tetapi perbedaannya mereka mengenakan helm tersebut hanya pada saat tampil di sebuah acara.
4. Daft Punk
Hasil gambar untuk daft Punk
Bicara soal musik elektronik, duo Dj asal Prancis ini adalah nama yang paling berpengaruh di industri tersebut. Guy-Manuel de Homem-Christo dan Thomas Bangalter memulai karir musiknya sejak tahun 90-an. Musik yang dibawa oleh Daft Punk sangat unik, mereka berhasil menggabungkan elemen musik funk, techno, disco, rock, dansynthpop ke dalam musik yang mereka ciptakan. Sejak tahun 2001, Daft Punk tampil sebagai sepasang robot yang sangat misterius. Mereka mengenakan sebuah helm dan sarung tangan dengan bentuk robot. Sejak tahun 2006, Daft Punk tidak lagi memperbolehkan wajah Guy dan Thomas sosok dibalik kedua robot ini untuk tampil di depan umum. Terdapat sebuah rumor yang menyebutkan untuk membuat satu helm tersebut memakan biaya 65.000 dolar Amerika. Bentuk dari helm mereka pun mengalami beberapa kali perubahan dengan menyesuaikan dengan album musik yang mereka rilis.
5. Marshmello
Hasil gambar untuk Marshmello
Saat ini nama Marshmello sedang jadi fenomena di seluruh penjuru dunia. Dj dan produser musik dengan genre trap dan future bass ini dikenal setelah lagunya yang berjudul "Alone" dirilis di berbagai platform. Marshmello dikenal dengan penampilannya yang selalu mengenakan helm tabung berbentuk seperti marshmallow dengan wajah tersenyum. Sejak penampilan awalnya, Marshmello berkomitmen untuk bermusik tanpa harus dikenal siapa orang dibalik musiknya. Hal ini memancing banyak rumor siapa sebenarnya sosok dibalik penampilan Marshmello. Daniel Markham, seorang kreator dari channel What's Inside mendapatkan kesempatan untuk bertemu dengan Marshmello. Dalam videonya Daniel mendapatkan sebuah helm yang diberikan langsung oleh Marshmello. Bahkan Daniel juga sempat berbincang dan mengetahui identitas sebenarnya dari Marshmello, tetapi tentunya hal tersebut menjadi rahasia yang tidak boleh dipublikasikan. Konsisten dengan konsep channelnya, Daniel dan anaknya Lincoln memotong helm yang diberikan Marshmello menjadi dua bagian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

lagu Yang Sering Jadi Ost Ftv

Namanya FTV munculnya sudah seperti frekuensi makan aja deh. Pagi, siang, malem ada semua, bener gak? Tapi tetap saja kita tonton kalau lagi...