Selasa, 27 Agustus 2019

Masih Bingung Tentang DJ ?

MENGENAL DJ DAN MUSIK



Hallo semua, disela sela kesibukan braktivitas, Soundandyou akan coba berbagi tentang apa itu Disc Jockey atau yang trend dengan sebutan DJ, yang mana profesi ini banyak mendapatkan apresiasi positif dan disukai oleh anak anak muda saat ini.

Sebagai salah satu bagian dari seni musik, dunia Dj pun mempunyai nilai yang tinggi baik dari segi industri kreatif, seni, budaya maupun kepuasan dan bahkan materi apabila semua itu dilakukan dengan serius dan benar.

Semoga postingan ini akan bermanfaat buat semua yang tertarik dengan dunia Dj dan ingin belajar DJ, atau hanya ingin tahu sebagai tambahan pengetahuan saja.


Mengenai sejarah DJ itu sendiri mungkin sudah banyak yang tau bahwa DJ awalnya adalah seorang penyiar radio yang bekerja memutarkan lagu lagu dengan equipment (peralatan) yang tersedia di era itu seperti gramophone atau kaset pita.

Dan menurut sejarah Dj yang pertama kali muncul di dunia adalah Ray Newby dari Stockton California pada tahun 1909 yang saat itu berusia 16 tahun. Namun karena perkembangan teknologi Dj sekarang sudah sangat maju baik dari equipment, maupun skill Dj itu sendiri, maka penggunaan gramophone digantikan dengan "disc" dan secara langsung istilahnya disebut sebagai DJ (Disc Jockey).

Istilah Disc Jockey itu sendiri ditemukan oleh seorang komentator radio asal Amerika bernama Wolter Winchhell pada tahun 1935 dengan kordinasi dari disc sebagai piringan dan jockey  yang merupakan operator alat tersebut.
Sejarah perkembangan Dj pun mencatat beberapa moment yang terjadi pada tenggang waktu berikut.

*  Pada awal era radio sekitar tahun 1910 bermacam acara disiarkan seperti drama komedi, berita  musik dan laporan olahraga. Pembawa program  acaranya kemudian disebut sebagai Dj.

*  Tahun 1943, Jimmy Savile mengadakan acara Dj yang besar dengan memainkan musik jazz di Otley Inggris. Dan pada tahun 1947 dia mengaku sebagai Dj pertama yang menggunakan Turntable ganda untuk bermain secara  bersamaan,    dan di tahun 1958 dia menjadi Dj di radio Luxemburg.

*  Tahun 1947 juga dibuka club wiskey A Go-Go di Paris yang diyakini merupakan Discotheque komersial dunia pertama yang lebih banyak memainkan musik dengan konsep lagu lagu dance daripada musik band. Saat Dj mulai memainkan musik dengan menggunakan Turntable, secara bersamaan Disco pun mulai bermunculan di seluruh daratan Erpa dan Amerika Serikat.

*  Tercatatlah beberapa nama Dj di Amerika pada masa itu diantaranya Alan Freed, Wolfman Jack,Kasey Kasem, dan juga dari inggris termasuk di dalamnya penyiar BBC Brian Mattew, Tony Blackburndan John Peel.

*  Sound System sebagai element pendukung yang tak kalah penting dalam dunia Dj menjadi suatu bentuk baru dalam bisnis hiburan dengan spesifikasi yang mumpuni dan apik pun muncul di akhir tahun 1950-an.

*  Night club dan Discotheque berkembang di Eropa dan Amerika Serikat  pada pertengahan tahun 1960. Spesialis untuk Dj Equipment seperti Rudy Bozak's classic CMA-10-2DL mixer mulai dijual di pasaran. Dan pada tahun 1969, American club Dj Francis Grasso mempopulerkan beatmatching  di New York Sanctuary night club.

Itulah beberapa moment dari perkembangan awal dunia Dj yang mana dari waktu ke waktu berjalan terus mengalami revolusi ke arah yang lebih baik dengan terus bermunculannya teknologi baru baik dari Dj equipment, teknik Dj-ing, sound system dan lain lain.

Seperti hal nya saat ini banyak faktor seperti jenis lagu, pendengar (crowd), media musik dan perkembangan teknologi musik, yang menjadikan terciptanya bermacam-macam teknik dalam dunia Dj. 

Untuk mempermudah pemahaman tentang Dj saat ini, saya coba membuat definisi Dj sebagai orang yang memainkan dan menyeleksi lagu dengan membuat playlist dalam suatu event (acara) dengan menggunakan equipment seperti turntable, Cdj dan juga mixer untuk memanipulasi lagu dan mencampurkan dua buah lagu menggunakan berbagai macam tehnik seperti audio mixing, cueing, phrasing, cutting scratching, dan beat matching. Dan kemudian aktivitas Dj tersebut dikenal dengan istilah Dj-ing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

lagu Yang Sering Jadi Ost Ftv

Namanya FTV munculnya sudah seperti frekuensi makan aja deh. Pagi, siang, malem ada semua, bener gak? Tapi tetap saja kita tonton kalau lagi...